KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA PURWOKERTO
VISI
“Menyelenggarakan pendidikan yang unggul pada tahun 2032 di bidang Pendidikan Agama Islam untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkarakter nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah, berjiwa wirausaha, berwawasan global serta pengembangan Islam Moderat dan ilmu pendidikan untuk kemaslahatan umat”
PROFIL LULUSAN
Program Studi PAI UNU Purwokerto menyiapkan lulusannya untuk menjadi:
- Guru PAI di sekolah dan rumpun PAI di madarasah
- Asisten Peneliti
- Pengembang Bahan Ajar PAI
- Edupreuneur
- Content Creator PAI
Pada tahun 2032, visi kita adalah mewujudkan sistem pendidikan yang unggul di bidang Pendidikan Agama Islam, yang mampu mencetak generasi masa depan yang tidak hanya menguasai ilmu agama secara mendalam, tetapi juga memiliki karakter yang kuat berdasarkan nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah, berjiwa wirausaha, dan berwawasan global. Kami berkomitmen untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang dapat berkontribusi nyata bagi kemaslahatan umat, dengan terus mengembangkan pemahaman tentang Islam Moderat yang penuh kedamaian dan toleransi.
Menanamkan Nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah untuk Memoderasi Paham Agama
Di tengah tantangan globalisasi yang semakin kompleks, pendidikan agama Islam harus mengutamakan prinsip-prinsip Islam yang moderat dan inklusif, seperti yang diusung oleh Aswaja An-Nahdliyah. Hal ini melibatkan pembelajaran yang tidak hanya berbasis pada teks-teks klasik, tetapi juga penerapan nilai-nilai keberagaman, toleransi, dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan agama yang berbasis pada Aswaja An-Nahdliyah akan membentuk individu yang berpandangan luas, mampu menghargai perbedaan, dan hidup berdampingan dengan damai di tengah masyarakat yang multikultural.
Mengembangkan Jiwa Wirausaha di Kalangan Generasi Muda
Sebagai bagian dari misi besar ini, pendidikan yang kami rancang akan membekali para santri dan mahasiswa dengan keterampilan kewirausahaan yang relevan dengan perkembangan zaman. Kami ingin melahirkan pemuda-pemudi Muslim yang tidak hanya mampu bertahan dalam dunia kerja, tetapi juga berani menciptakan peluang usaha yang bermanfaat bagi masyarakat. Melalui kurikulum yang mengintegrasikan pendidikan agama dengan keterampilan praktis seperti manajemen bisnis, teknologi, dan ekonomi, kami berharap mereka dapat menjadi agen perubahan yang mandiri dan berkontribusi positif bagi ekonomi umat.
Meningkatkan Wawasan Global dengan Memegang Paham Islam Moderat
Menyadari pentingnya dunia yang semakin terhubung, pendidikan yang kami rancang juga akan mengedepankan wawasan global tanpa meninggalkan akar agama. Kami ingin para peserta didik kami mampu memahami dinamika dunia internasional dengan perspektif yang moderat dan penuh kasih sayang, sebagaimana ajaran Islam. Mereka akan dibekali dengan pemahaman yang mendalam tentang hubungan antarbangsa, diplomasi, serta kemampuan berpikir kritis dan adaptif terhadap perubahan zaman. Dengan demikian, mereka akan mampu mengambil peran yang strategis dalam dunia global sebagai duta perdamaian dan kemajuan umat Islam.
Pengembangan Ilmu Pendidikan untuk Kemaslahatan Umat
Visi kami bukan hanya menghasilkan SDM yang berkualitas dalam bidang agama, tetapi juga dalam ilmu pendidikan itu sendiri. Kami berkomitmen untuk menghasilkan tenaga pendidik yang tidak hanya menguasai materi agama, tetapi juga memiliki metodologi yang inovatif dalam menyampaikan ajaran Islam yang moderat dan penuh rahmat. Melalui penelitian, pengembangan kurikulum, dan kolaborasi dengan lembaga-lembaga pendidikan internasional, kami akan terus menciptakan pembaruan dalam dunia pendidikan agama, dengan tujuan utama untuk menciptakan masyarakat yang berpengetahuan, bermoral, dan berdaya saing tinggi.
Kemaslahatan Umat sebagai Tujuan Akhir
Semua upaya pendidikan ini akan berpusat pada tujuan utama: kemaslahatan umat. Kami percaya bahwa pendidikan yang berkualitas adalah kunci untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik. Oleh karena itu, setiap langkah yang diambil dalam menciptakan generasi unggul ini akan senantiasa mengacu pada prinsip kepedulian terhadap sesama, keadilan sosial, dan kesetaraan. Kami berharap bahwa para lulusan kami tidak hanya menjadi pribadi yang cerdas, tetapi juga berwawasan luas dalam membantu menyelesaikan permasalahan umat, baik di tingkat lokal maupun global.
Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam Aswaja An-Nahdliyah, jiwa wirausaha, wawasan global, dan pengembangan ilmu pendidikan yang moderat, kami percaya bahwa visi besar ini akan terwujud. Kami bertekad untuk membangun sistem pendidikan yang berdaya saing global, yang melahirkan generasi Muslim yang tidak hanya unggul dalam pengetahuan agama, tetapi juga memiliki kontribusi nyata terhadap kemajuan dunia. Menjadi bagian dari proses ini adalah suatu kehormatan besar, dan bersama-sama kita akan terus melangkah menuju masa depan yang lebih baik, lebih cerdas, dan lebih penuh kasih sayang untuk umat manusia.
DAFTAR SEBARAN MATA KULIAH TIAP SEMESTER
SEMESTER I | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | UNU1012B | Kewirausahaan | 1 | 0 | 1 | 2 |
2 | AII1101A | Bahasa Arab | 1 | 0 | 1 | 2 |
3 | AII1102A | Ilmu Kalam | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | AII1103A | Filsafat Ilmu | 2 | 0 | 0 | 2 |
5 | AII1104A | Bahasa Inggris | 1 | 0 | 1 | 2 |
6 | AII1105A | Ulumul Hadits | 2 | 0 | 0 | 2 |
7 | AII1106A | Pengantar Pendidikan | 2 | 0 | 0 | 2 |
8 | AII1107A | Pengantar Studi Islam | 2 | 0 | 0 | 2 |
9 | AII1108A | Psikologi Umum | 2 | 0 | 0 | 2 |
10 | AII1109A | Ulumul Qur’an | 2 | 0 | 0 | 2 |
11 |
AIU1001A |
Sejarah Peradaban Islam |
2 |
0 |
0 |
2 |
Jumlah Beban Studi Semester I | 19 | 0 | 3 | 22 |
SEMESTER II | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | AII1210A | Sosiologi Pendidikan | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 | AII1211A | Psikologi Pendidikan | 2 | 0 | 0 | 2 |
3 | AII1212A | Fikih Taharah dan Salat | 1 | 0 | 1 | 2 |
4 | UNU1010B | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | 0 | 2 |
5 |
AII1248A |
Pendidikan Pesantren dan Madrasah Diniah |
2 |
0 |
0 |
2 |
6 | AII2213A | Etika Profesi Keguruan | 2 | 0 | 0 | 2 |
7 | AII1214A | Administrasi Pendidikan | 1 | 0 | 1 | 2 |
8 | AII1215A | Ilmu Pendidikan Islam | 2 | 0 | 0 | 2 |
9 | AII1216A | Fikih Zakat, Puasa, dan Haji | 1 | 0 | 1 | 2 |
10 | AII1217A | Sejarah Pendidikan Islam | 2 | 0 | 0 | 2 |
11 | AII1218A | Akhlak Tasawuf | 2 | 0 | 0 | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester II | 19 | 0 | 3 | 22 |
SEMESTER III | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | UNU1014B | Bisnis Digital | 1 | 0 | 1 | 2 |
2 | AII1319A | Perencanaan Pembelajaran PAI | 2 | 0 | 1 | 3 |
3 |
UNU1009B |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
0 |
0 |
0 |
4 | AII1320A | Evaluasi Pembelajaran PAI | 1 | 0 | 1 | 2 |
5 | AII1321A | Sejarah Islam Indonesia | 2 | 0 | 0 | 2 |
6 | AII1322A | Usul Fikih | 2 | 0 | 0 | 2 |
7 | AII2323A | Fikih Muamalah | 2 | 0 | 0 | 2 |
8 | AII2324A | Filsafat Pendidikan Islam | 2 | 0 | 0 | 2 |
9 | AII1325A | Manajemen Kelas | 1 | 0 | 1 | 2 |
10 |
AII1326A |
Strategi Pembelajaran Aktif PAI |
2 |
0 |
1 |
3 |
11 |
AII2327A |
Psikologi Perkembangan Peserta Didik |
2 |
0 |
0 |
2 |
Jumlah Beban Studi Semester III | 19 | 0 | 5 | 24 |
SEMESTER IV | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 |
AII1428A |
Gerakan dan Pemikiran Islam Global |
2 |
0 |
0 |
2 |
2 |
UNU1013B |
Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) |
0 |
0 |
2 |
2 |
3 | AII1429A | Edupreneurship | 1 | 0 | 1 | 2 |
4 |
AII1430A |
Pengembangan Sumber Belajar dan Media Pembelajaran PAI |
2 |
0 |
1 |
3 |
5 | AII1431A | Kapita Selekta Pendidikan | 2 | 0 | 0 | 2 |
6 | AII1432A | Statistika Pendidikan | 1 | 0 | 1 | 2 |
7 | AII2433A | Al-Qur’an dan Hadis Tarbawi | 2 | 0 | 0 | 2 |
8 | AII1434A | Pengembangan Kurikulum | 2 | 0 | 1 | 3 |
9 |
AII1435A |
Metodologi Penelitian Kualitatif |
1 |
0 |
1 |
2 |
10 | UNU1011B | Pendidikan Anti Korupsi | 2 | 0 | 0 | 2 |
11 | AII3436A | Fikih Munakahat | 1 | 0 | 1 | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester IV | 16 | 0 | 8 | 24 |
SEMESTER V | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | AII2537A | Akidah Akhlak di Madrasah | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 |
AII1538A |
Metodologi Penelitian Kuantitatif |
1 |
0 |
1 |
2 |
3 | AII1539A | Manajemen Pendidikan | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | AII1540A | Microteaching | 0 | 0 | 2 | 2 |
5 | AII1541A | Bimbingan dan Konseling | 1 | 0 | 1 | 2 |
6 |
AII2542A |
Strategi Pembelajaran PAI Untuk Difabel/ABK |
1 |
0 |
1 |
2 |
7 | AII3543A | al-Qur’an Hadis di Madrasah | 2 | 0 | 0 | 2 |
8 | AII2544A | SKI di Madrasah | 2 | 0 | 0 | 2 |
9 | AII4545A | Fikih di Madrasah | 2 | 0 | 0 | 2 |
10 | AII1546A | Moderasi Beragama | 2 | 0 | 0 | 2 |
Mata Kuliah Pilihan (Wajib Pilih 4 SKS) | ||||||
11 | AII1549A | Qawaid Fiqhiyyah | 2 | 0 | 0 | 2 |
12 |
AII1550A |
Metodologi Interpretasi al-
Qur’an dan Sunah |
1 |
0 |
1 |
2 |
13 |
AII2553A |
Inovasi Pendidikan | 1 | 0 | 1 | 2 |
14 |
AII2554A |
Marketing Lembaga Pendidikan |
1 |
0 |
1 |
2 |
15 | AII2657A | Desain Grafis* | 1 | 0 | 1 | 2 |
16 | AII2658A | Produksi Film* | 1 | 0 | 1 | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester V | 17* | 0 | 7* | 24* |
*Jumlah diandaikan jika mahasiswa mengambil mata kuliah yang bertanda bintang (*)
SEMESTER VI | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | UNU1601B | Pendidikan Agama Islam | 2 | 0 | 0 | 2 |
2 | UNU1008B | Pendidikan Pancasila | 2 | 0 | 0 | 2 |
3 | UNU1616B | Aqidah Islamiyah | 2 | 0 | 0 | 2 |
4 | UNU1617B | Praktik Aswaja An Nahdliyah | 0 | 0 | 4 | 4 |
5 | UNU1618B | KKN | 0 | 0 | 4 | 4 |
6 |
UNU1607B |
Pengantar Aswaja An Nahdliyah | 3 | 0 | 0 | 3 |
7 | AII1047A | PKL/PLP | 0 | 0 | 3 | 3 |
Mata Kuliah Pilihan (Wajib Pilih 4 SKS) | ||||||
8 |
AII1651A |
Kepenulisan Karya Ilmiah dan Populer |
1 |
0 |
1 |
2 |
9 |
AII1552A |
Pendidikan Inklusif | 2 | 0 | 0 | 2 |
10 |
AII2655A |
Manajemen Keuangan Lembaga Pendidikan |
1 |
0 |
1 |
2 |
11 |
AII2556A |
Teknologi Pendidikan | 1 | 0 | 1 | 2 |
12 |
AII2659A |
Media Animasi* Pembelajaran | 1 | 0 | 1 | 2 |
13 |
AII1660A |
Being Content* Creator | 1 | 0 | 1 | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester VI | 11* | 0 | 13* | 24* |
*Jumlah diandaikan jika mahasiswa mengambil mata kuliah yang bertanda bintang (*)
SEMESTER VII | ||||||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS | |||
Teori | Praktikum | Praktek | Jumlah | |||
1 | UNU1720B | Tugas Akhir/
Skripsi/Skripsi Non Riset |
0 | 0 | 4 | 4 |
2 | UNU1719B | Seminar Proposal | 0 | 0 | 1 | 1 |
Mata Kuliah Pilihan (Wajib pilih salah 1) | ||||||
3 |
AII1760A |
Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar PAI | 0 | 0 | 0 | 0 |
4 |
AII1761A |
Keahlian Seni Baca al-Qur’an (Tilawah) | 0 | 0 | 0 | 0 |
5 |
AII2762A |
Keahlian Pengembangan Media Pembelajaran Digital | 0 | 0 | 0 | 0 |
6 |
AII2763A |
Pelatihan untuk Pembimbing Haji dan Umroh | 0 | 0 | 0 | 0 |
7 | AII2764A | Keahlian Konten Kreator Religi | 0 | 0 | 0 | 0 |
8 | AII2765A | Keahlian Dai | 0 | 0 | 0 | 0 |
Jumlah Beban Studi Semester VII | 0 | 0 | 5 | 5 |